Pentingnya Soft Skills dan Hard Skills Untuk Kita !

Assalamualaikum Wr Wb.........
      Saya akan membahas mengenai soft skills dan hard skills, kenapa saya membahas mereka, karena setiap tahun semakin banyak calon tenaga kerja baru yang belum mengerti soft skills dan hard skills. Dari maka itu admin membahas ini agar kita dapat memplajarinya lebih dalam lagi.
            Saya punya permainan pertama kalian siapkan kertas dan pulpen maupun pensil, bila sudah disiapkan coba pikirkan yang negatif hilangkan dulu saya beri 1 menit, sudah siap ke soal ? Coba anda gambarkan organ vital dalam 1 menit yang muncul diotak kalian langsung gambarkan saja, pasti di antara kalian ada yang gambarkan jenis kelamin, kenapa bisa begitu ini menandakan pergaulan kalian kurang luas coba anda bergaul dengan luas bkn bebas anda pasti tidak akan gambar jenis kelamin kalian, melainkan organ vital yang lebih berguna dalam hidup anda tanpa anda sadari seperti jantung 💓, paru paru, lambung, dan ginjal, hmmm ginjal bkn nya kalau cuman 1 ginjal masih bisa hidup ? Iya, akan tetapi hidup dia menjadi terancam dan mudah terkena penyakit karena hanya mempunya 1 ginjal. Oleh karena itu permainan di atas ini membuat kita pentingnya soft skills untuk kehidupan sehari hari dan merubah pikiran negatif menjadi positif...


A. Soft Skills

     Soft skills adalah kombinasi dari keterampilan sosial, komunikasi, perilaku atau sikap, dan artribut karier. Semua itu sangat diperlukan di dunia ini baik itu bidang perkejaan maupun di masyarakat.
Soft skills ini lebih dibutuhkan oleh perusahaan dari pada hard skills, karena persentasenya lebih besar dari pada hard skills, persentase 80% soft skills dan 20% hardskills.

Oke Saya Ambil Contoh :

                  Seperti yang kita ketahui, jaman sekarang itu semakin banyak orang yang lulus dari SMA, SMK, dan STM, betul ? ditambah lagi bulan Mei 2018 contoh di jawa barat 638.200+ orang yang mengikuti UN,  dan itupun baru daerah Jawa Barat bagaimana dengan kota lain, pasti melebihi 2 juta pelajar di indonesia. Sehingga membuat tenaga kerja baru di indonesia  semakin meningkat, akan tetapi apa mereka sudah memiliki soft skills dan hard skills ? jika anda sudah memiliki keduanya pasti mudah untuk anda mencari perkerjaan, karena dia mengerti cara mengatasi apa yang dibutuhkan perusahaan. Lalu bagaimana dengan pelajar yang tidak memiliki keduanya  ? tidak mungkin pelajar lulus tidak membawa keduanya.. coba anda pikirkan terlebih dahulu, kenapa anda bisa berjalan, menulis, dan memilih jawaban UN ? karena kalian sudah bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Jadi kalian hanya perlu merubah etitu kalian untuk mempermudah langkah kaki anda menuju kesuksesan.
        Apa yang ada ketahui dengan negara Jepang ? Pasti di benak kalian negara maju, canggih, pencipta mesin, dan pencipta teknologi terbaru masakini.
Apa salah satunya yang menyebabkan negara itu menjadi maju dan secanggih itu ? Pastinya soft skills kenapa kok soft skills karena seperti yang anda lihat baik itu di televisi, dan video lainya, mereka selalu menujukan cara tata krama dan sopan satun pada saat berkerja, bersosial, dan lain lain.
       Negara Indonesia juga sudah dikenal jaman dulu dengan sopan santunnya, itu dulu coba kita lihat sekarang semakin banyak orang Indonesia yang melupakannya sopan santunnya, coba kita lihat jaman dahulu sekali lagi saat sopan santunnya masih terjaga, negara ini makmur, mata uang masih stabil tidak sampai ratusan miliar, hutang negara sedikit, dan tidak kehabisan pasokan garam, garam ! Kita lihat sekarang garam saja  importkan, lucu sangat, negara kepulauan import garam, ada yang bilang kata si A "Memang benar, kita ini negara kepulauan tapikan pulau kita ada beberapa yang tidak bisa di jadikan penghasil garam, karena pulau di Indonesia ada beberapa yang tercemar dan kondisi iklim."
Menurut saya ini hanya taktik pemerintah kita karena sopan santunnya sudah tidak ada, apakah pernah pemerintah berfikir negara yang kita import penghasil garam terbaik dan pulau yg tidak tercemar, padahal kita lihat jadi ada beberapa kasus tentang garam yang isinya ada serpihan kaca yang tidak larut saat terkena air. Coba pemerintah mempunya soft skills pasti dipikirkan kembali dan membantu nelayan garam agar cepat proses pembuatan garam dengan alat ciptaan terbaru di Indonesia, itupun perlu dukungan pemerintah juga.   laluaimana cara mengasah soft skills pelajar....

Cara mengasah Soft Skills antaralain :
1. Inisiatif [ Klik Disini ]
2. Kejujuran [ Klik Disini ]
3. Berpikir kritis [ Klik Disini ]
4. Kemauan belajar [ Klik Disini ]


B. Hard Skills
              Hard skills adalah keahlian yang berkaitan dengan perkerjaan, kegiatan, dan situasi tertentu.
Keahlian ini sangat mudah dikuantifikasi tidak seperti soft skill yang berhubungan dengan keperibadian seseorang. Kenapa mudah karena hard skill sudah dimiliki sejak anda lahir yaitu menggerakan tangan, kaki, menangis, dll dan terus meningkat hard skill anda, seperti awal merangkak menjadi berdiri tegak atau yang biasa kita sebut berjalan. Tanpa kita sadari hard skill terus meningkat ketika kita mau belajar dan menguasainya...


Kesimpulan
• Jadi kita harus meningkatkan soft skill dan hard skill kita.
• Belajar tanpa harus takut mau menjadi apa nanti.
• Menggunakan waktu kita ini dengan mencari dan membuat sesuatu yang bermanfaat.
• Ayo kita bangkitkan soft skill kita.

Bagaimana hasil dari penjelasan saya, bila ada yang kurang menyenangkan dihati berikan kritik dan saran pada menu navigasi.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pentingnya Soft Skills dan Hard Skills Untuk Kita !"

  1. Betul tuh, kemampuan soft / Hard skill harus di gas, kalau pengen go internasional

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel