Pentingnya Berpikir Kritis dan Kenapa Harus Berpikir Kritis ?

Assalamualaikum Wr Wb....
        Oke saya akan membahas pentingnya Berfikir Kritis dan kenapa harus Berpikir Kritis ? . Siapa si yang tidak ingin sukses, seperti kaya raya, mempunyai mobil banyak dan lain lain, apakah anda termasuk orang yang tidak ingin sukses, pastinya tidak adakan karena dari 100% 💯 manusia didunia ingin menjadi sukses, akan tetapi semua itu masih angan angan.
        Apakah anda pernah berfikir bagaimana mana caranya agar angan - angan tersebut bisa menjadi kenyataan ?, Pastinya perlu proses,usaha, keinginan, kerjasama, badget, dan lain-lain. Itupun masih katanya iya kan, apakah ada yang pernah anda lakukan ?.
        Oke saya ambil contoh, siapkan kertas selembar, pulpen, atau pensil, dan ada siapa disamping anda atau orang yang berada di sekitar anda ?. Perhatikan raut wajahnya coba anda lihat baik-baik wajah orang yang dari segi yang signifikan selama 3-5 menit. Apakah sudah afal raut wajahnya, bila sudah buatlah raut wajahnya orang tersebut dengan syarat sambil meramkan mata anda dan jangan sekali-kali mengintip dan buatlah raut wajahnya tanpa keraguan selama 3 menit. Bagaimana hasilnya pasti salah satu peletakan organ vital kepala, ada yang salah. Mungkin itu hanya contoh permainan, memang raut wajahnya hafal tapi saat ingin digambar susahnya Nauzubillah betul ?. Secara tidak sadar kalian sudah masuk tahapan orang sukses, yaitu usaha betul ?. Jadi keinginan kita banyak tetapi prosesnya yang susah, pada saat anda melukis dengan membuka mata gampang bukan, akan tetapi lain cerita dengan menutup mata melaikan sangat sulit, ini menandakan betapa susahnya ingin menjadi orang sukses bila tidak memiliki skill kemamuan belajar. Jadi memang amat sulit jika anda punya keinginan seperti angan-angan itu tetapi anda tidak mempunyai kemampuan.
         Saya katakan kembali hard skill saja tidak cukup yang paling penting yang membuat anda menjadi sukses adalah soft skill karena persentase terbesar kalian yaitu 80% sikap kalian dan perilaku kalian.

3. Berpikir kritis

      Apa itu berpikir kritis ?, Berpikir kritis yaitu menganalisis sebuah fakta yang ingin di cetuskan melalui proses pemikiran yang matang bukan menjatuhkan lawan bicara anda, menghinanya, dan mendesaknya.
      Akan tetapi anak jaman sekarang orang banyak melakukan berpikir sinis, apakah anda tau apa itu berpikir sinis ?, Ya tepat sekali sebalikanya dari berfikir kritis yaitu tanpa harus menganalisis sebuah fakta dan langsung mencetuskan tanpa harus berfikir dan menjatuhkan lawan bicara dengan cara didesak dan dihina.

Oke saya mempunyai dua contoh.
Contoh 1 real :
          Pada saat kalian ditanya oleh orang tua kalian maupun orang lain, pasti dia menjawabnya tidak tau betul ?. Sama seperti saya pada saat saya bertanya kepada kakak saya, "kak lihat kunci motor tidak ?.", Kakak saya menjawab " tidak tau!". Baru dipikir sama kakak saya saat ditanya kedua kalinya, "bukannya kakak yang habis menggunakan motor tadi pagi ?." Dia menjawab "oh iya, tadi kakak letakan di kamar lupa di gantungin !.", Itu karena males berfikir, saat ditanya pasti jawabannya tidak tau ini menajdi trend jaman now yangn membuat orang males berfikir.
Contoh 2 real :
         Pada saat kalian disuruh oleh ibu kalian untuk jemput saudara anda distasion pondok cina dan hanya dibekali Rp. 25.000.00, coba kalian buat langkah-langkahnya?. Dan pasti di benak kalian hanya menggunakan kendaraan bermotor, bawa helm, liat rute menggunakan google maps, dan kembali bawa saudara kalian.. caranya si bener apa lagi google maps cari rute yang aman dan gk kena macet, tapi masih ada yang kurang yaitu apa kalian tidak bertanya pada ibu anda berapa jumlah saudara yang dijemput, namanya siapa, dan ada yang lebih penting yaitu jas hujan, kenapa jas hujan kaliankan tidak tau kalau nanti cuacanya hujan padahal awal jalan cerah betul?. Cuacakan yang menentukan tuhan bukan kita, nanti lucu bila kita membawah saudara hujan hujan dan saudara tidak membawa pakaian cadangan.
           Jadi ini sebuah contoh bertapa pentingnya berfikir kritis dan jika kalian ingin mewujudkan apa yang anda inginkan dan cita-citakan ini sangat penting untuk di kewasai yaitu berfikir kritis.

Ada 2 cara melatih kemampuan berpikir kritis :
1. Pandai-pandailah mengetahui untuk memecahkan masalah.
Contoh :"mengingat / berpikir kembali dimana ya saya letakkan kunci motornya td pagi."
2. Menetukan Prioritas.
Kenapa kok prioritas.
Contoh :"pada saat kalian menjemput." Kalian mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Dan bukan memilih yang penting sampai dan bisa membawa dengan selamat.


Bagaimana hasil dari penjelasan saya, bila ada yang kurang menyenangkan dihati berikan kritik dan saran pada menu navigasi.
Wassalamu'alaikum Wr Wb......

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pentingnya Berpikir Kritis dan Kenapa Harus Berpikir Kritis ?"

  1. Terimakasih artikelnya (y), ini yang saya butuhkan untuk melatih soft skills saya yang buruk akibat pergaulan bebas b-( ....

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel